-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan


Iklan

Indeks Berita

Pemdes Pasuruan Gelar Musdes BLT-DD 2023 Perlu Dilakukan Verifikasi dan Validasi

Selasa, 28 Februari 2023 | 20.43 WIB Last Updated 2023-02-28T13:43:59Z

  



LAMPUNG SELATAN, Tren5.co.id - Pemerintah Desa Pasuruan Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan menggelar Musyawarah Desa (Musdes) yang di hadiri segenap jajaran di Balai Desa setempat. Selasa (28/02/2023)


Musdes tersebut di lakukan terkait Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) untuk Tahun 2023 ini yang belum di tetapkan.


BLT-DD sebelumnya, Berbeda dengan tahun sebelumnya dibagikan kepada warga yang berdampak pandemi Covid-19 BLT DD tahun ini diperuntukkan bagi KPM yang 

memenuhi 4 syarat dan kriteria.


Keempat syarat dan kriteria 

KPM BLT DD antara lain:

1. Kriteria Miskin ekstrim,

2. Pendapatan kurang dari Rp500 Ribu/bulan, 

3. Ada anggota keluarga yang sakit menahun 

4.Disabiltas.


Kepala Desa Pasuruan Sumali dalam Musdes tersebut menjelaskan penetapan KPM BLT DD melalui proses dan kita mau turun langsung kelokasi biar semuanya ini  verifikasi dan validasi yang belum menerima program Bansos lainnya.


“Verifikasi dan Validasi dilakukan terlebih dahulu dengan berbagai pihak,” katanya, 


Sumali menjelaskan lebih lanjut, "besok kita turun langsung bersama,Yushariyanto Babinsa, Jeck.F , Bhabinkamtibmas,  Juanda  pendamping Desa Kecamatan Penengahan ,Kadus, RT,  tim Puskesmas Pasuruhan dan semua Perangkat Desa". terang Kades Pasuruan Sumali.


Setelah proses validasi selesai, kata dia, " selanjutnya ditetapkannya melalui Musdesus, sedangkan besaran anggarannya minimal 10% dari Dana Desa,Sesuai dengan namanya, sumber anggaran dari Dana Desa", ujarnya.


Diharapkan, setelah anggaran bergulir seiring dengan cairnya DD tahap pertama, seluruh KPM Desa Pasuruan yang menerima BLT DD bisa memanfaatkan sebaik mungkin.

Digunakan sebaik mungkin dan dibelikan untuk keluarga nya supaya bermanfaat.


Besaran yang bakal diterima KPM BLT DD sama dengan tahun sebelumnya yakni Rp300 ribu/bulan yang akan bergulir selama setahun.


Di tempat yang sama, Juanda selaku Pendamping Desa Kecamatan Penengahan ketika di konfirmasi besaran dana BLT-DD yang akan di terima oleh KPM nantinya sama seperti biasanya.


(Liana)