-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan


Iklan

Indeks Berita

PMI Akan Gelar Jumbara ke IX di Lampung Selatan

Selasa, 27 Juni 2023 | 23.08 WIB Last Updated 2023-06-27T16:08:58Z

 

Tren5.co.id, Lampung Selatan _ Palang Merah Indonesia (PMI) akan menggelar Jumpa-Bakti-Gembira atau Jumbara ke IX di Kalianda, Lampung Selatan, Provinsi Lampung mulai 2 hingga 10 Juli 2023. Ajang jumpa lima tahunan ribuan Palang Merah Remaja (PMR) perwakilan seluruh provinsi se-Indonesia ini digelar untuk meningkatkan keterampilan relawan muda PMI. Selasa (27/06/2023).


Sejumlah kegiatan peningkatan kapasitas relawan muda ini terangkum dalam 'Jumpa', yakni berbagi pengetahuan, sikap, keterampilan serta menjalin persahabatan. Kemudian 'Bakti' untuk penerapan pengetahuan sikap dan keterampilan di masyarakat. Kegiatan lainnya yakni ‘Gembira’ yakni kegiatan yang dilakukan dengan menumbuhkan kegembiraan sesuai dengan karakter remaja. 


Perlu diketahui, Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk mengevaluasi pembinaan dan pengembangan Palang Merah Remaja (PMR) di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional.


Hasil pantauan Tim IWOI Lamsel saat mengikuti Konfrensi Pers via zoom di Dinas KOMINFO Lampung Selatan, Sekertaris Jenderal (PMI) AM.Fachir mengatakan,"Semua aktivitas tersebut dilakuan untuk membina relawan PMR menjadi relawan yang profesional dan memiliki empati dalam berbakti kepada masyarakat,"ucapnya.


Jumbara tahun ini akan diikuti 4.000 an relawan PMR perwakilan 34 provinsi. Sejumlah peserta tersebut terdiri dari PMR Mula (SD/sederajat), PMR Madya (SMP/Sederajat), dan PMR Utama (SMA/Sederajat).


Selain itu, sejumlah negara sahabat juga hadir dalam kegiatan ini, di antaranya Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, Italia, Tiongkok, dan Timor Leste.


Jumbara merupakan salah satu wujud mandat PMI sesuai undang-undang nomor 1 tahun 2018, yakni pembinaan relawan. Dengan tema 'Cerdas, Kreatif, Berkarakter' diharapkan para peserta Jumbara 2023 dapat menjadi relawan yang profesional dan berwawasan global.


dikesempatan yang sama Ketua Bidang Relawan PMI Pusat Sasongko Tedjo juga mengungkapkan,"Para peserta yang terlibat nanti adalah calon profesional dan pemimpin bangsa. Jumbara adalah salah satu upaya PMI menyiapkan orang muda yang 'Cerdas, Kreatif, dan Berkarakter,"ungkapnya.


Jumbara 2023 merupakan edisi kesembilan pertemuan PMR seluruh Indonesia yang bertempat di Lampung Selatan. Jumbara Nasional pertama kali digelar tahun 1978 di DKI Jakarta. Sementara yang kedelapan digelar di Pangkep, Sulawesi Selatan pada 2016. (Liana/timiwoilamsel)