-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan


Iklan

Indeks Berita

Puskesmas Rawat inap Ketapang Gelar Penandatanganan Guna Meningkatkan Mutu Pelayanan

Jumat, 16 Juni 2023 | 10.42 WIB Last Updated 2023-06-16T04:00:16Z

 


Tren5.co.id, LAMSEL _ Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan (Dinkes Lamsel) melalui Puskesmas Rawat Inap Ketapang terus melakukan langkah positif dengan melakukan Penandatanganan bersama. Hal itu di lakukan dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan terhadap pasien atau pelanggan sesuai arahan Bupati Lampung Selatan Hi. Nanang Ermanto dan Plt. Kadinkes Kabupaten Lampung Selatan Devi Arminanto,S.K.M.,M.M.


Acara Penanda Tanganan Peningkatan Mutu Pelayanan tersebut di gelar di Puskesmas Rawat Inap Kecamatan Ketapang Desa Sri Pendowo Kecamatan Ketapang Kabupaten Lampung Selatan. Kamis (15/06/2023)


Usai acara, Kepada Tim Ikatan Wartawan Online Indonesia (IWOI) Lampung Selatan KUPT Puskesmas Rawat Inap Ketapang Samsu Rizal, SKM mewakili Plt.Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Lampung Selatan Devi Arminanto,S.K.M.,M.M., menerangkan.


“Hari ini kita melakukan Penanda Tanganan bersama dalam rangka meningkatkan mutu Pelayanan, khusus nya di Puskesmas Rawat Inap Ketapang. Karna mutu pelayanan ini sangat di rasakan oleh pelanggan/pasien Puskesmas Rawat Inap Ketapang. Ketika mutu kita bagus, pelanggan dapat merasakan nikmat dan kemudahannya atau pun kwalitas yang akan kita capai nanti”. Terang Samsu Rizal, SKM.


Lebih lanjut, KUPT Puskesmas Rawat Inap Ketapang menuturkan bahwa Puskesmas Rawat Inap Ketapang saat ini melayani berbagai Pelayanan Kesehatan antara lain:



1. UKM (Upaya Kesehatan Masyarakat)

Beberapa contoh UKM di Puskesmas sebagai berikut:

pelayanan kesehatan jiwa.

pelayanan kesehatan gigi masyarakat.

pelayanan kesehatan tradisional komplementer.

pelayanan kesehatan olahraga.

pelayanan kesehatan indera.

pelayanan kesehatan lansia.

pelayanan kesehatan kerja.


2. UKP (Upaya Kesehatan Perorangan)

Pengobatan Umum

meliputi:

Pelayanan  Pendaftaran dan Rekam Medis

Pelayanan Pemeriksaan Umum

Pelayanan Anak

Pelayanan UGD 24 jam

Pelayanan  Kesehatan Gigi dan Mulut

Pelayanan Imunisasi

Pelayanan KIA/KB

Pelayanan Laboratorium

Pelayanan Kesehatan Tradisional Komplementer (Yankestradkom)/Akupressure

Pelayanan Lansia dan Disabilitas

Pelayanan Promkes Terpadu ( Konseling  PHBS, Kesling, Berhenti Merokok, PKPR, dan Gizi)

Pelayanan  Farmasi

Pelayanan VCT, TB


3. UKBM (Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat)

Jebis UKBM antara lain ;

Posyandu balita.

Posyandu Lansia.

Posyandu remaja.

Poliklinik kesehatan Desa.

Pos Obat Desa.

Pos Gizi.

Pos penyuluhan KB.

PosKestren.


“Itu perlu kita tayangkan dan kita jabarkan dan kita tanda tangani komitmennya sehingga ketika itu meningkatkan, masyarakat akan merasakan kawalitas yang lebih baik dari pada hari ini”. Papar Samsu Rizal.


Di tanya jika ada pasien atau masyarakat yang sakit parah dan kondisi tidak mampu berobat (Tidak Punya secara ekonomi) di wilayah Kecamatan Ketapang ia menjelaskan.


“Kita ada program Perawatan Kesehatan Masyarakat (Prekesmas). Jadi Kami punya tim kesehatan lengkap, dokter dan perawat, untuk melakukan kunjungan dan perawatan kerumah pasien, kami akan periksa kondisinya. Kalau itu kaitannya dengan reproduksi tentu itu ada bidan keparmasian ikut dalam tim tersebut.


“Harapan kita dengan penandatanganan peningkatan mutu pelayanan, proses pelayanan kita akan dirasakan baik oleh masyarakat dan terpuaskan dari Pelayanan Puskesmas Rawat Inap Ketapang ini”. Pungkas Samsu Rizal, SKM. 

[Liana/tim]