-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan


Iklan

Indeks Berita

Dinkes Lamsel Gelar Rapat Kordinasi dan Evaluasi Pelaksanaan Deteksi Preventif dan Respon Penyakit

Selasa, 22 Agustus 2023 | 11.15 WIB Last Updated 2023-08-22T04:23:09Z

 

Lampung Selatan, // Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan membuka rapat koordinasi dan evaluasi pelaksanaan deteksi preventif dan respon penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan yang digelar di  Hotel Emersia Bandar Lampung, Senin (21/08/2023).


Kegiatan ini diikuti oleh Kepala UPTD Puskesmas se-Kabupaten Lampung Selatan, Pengelola BOK atau Bendahara BOK Puskesmas se-Kabupaten Lampung Selatan dan kegiatan dilaksanakan dari tanggal 21 - 23 Agustus 2023.


Hasil pantauan tim IWO-I Lamsel, Kepala Dinas Kesehatan Devi Arminanto,S.K.M.,M.M., mengatakan Berdasarkan Program dan Indikator di Bidang Kesehatan yang harus menjadi perhatian kita. 


"Standar Pelayanan Minimal (SPM), Program Prioritas Nasional (PPN), Indikator Mutu Nasional (INM), PIS – PK, GERMAS. Inilah Program dan Indikator yang harus menjadi perhatian kita dalam pelaksanaan tugasnya," ungkapnya


Devi Arminanto juga melanjutkan,"Program tersebut agar mendapat perhatian yang serius untuk semua puskermas, agar mendapat perhatian mulai tahap perencanaan (P1), pengorganisasian dan pengenggerakan (P2) serta pengawasan, pengendalian dan penilaian (P3)." lanjutnya.


Kepala Dinas Kesehatan juga menambahkan, Standar Pelayanan Minimal (SPM), merupakan hal yang harus dicapai karena menjadi potret kinerja Kepala Daerah, dimana SPM Bidang Kesehatan ada 12 dan dari indikator yang ada, 6 indikator ada di lingkup Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) yang targetnya adalah 100 %.


Secara tegas Devi Arminanto,S.K.M.,M.M., mengutarakan,"Agar menjadi perhatian juga apabila ada peningkatan kasus yang berpotensi menjadi Kejadian Luar Bisa (KLB) seperti DBD, Diare, Malaria dan lain-lain agar ada tindakan yang cepat dan tepat, tetapi kegiatan-kegiatan Preventif dan Promotif juga harus menjadi perhatian untuk mencegah kasus-kasus baik Penyakit Menular maupun penyakit Tidak Menular." tegas Devi


Kepala Dinas Kesehatan dalam pertemuan ini juga berharap kepada seluruh peserta yang hadir,"Peserta dapat mengikuti pertemuan dengan serius, tidak meninggalkan tempat pertemuan. Membuat rencana tindak lanjut dari hasil pertemuan ini ditandantangani Kepala Puskesmas dan dikumpul di akhir pertemuan ini. Melakukan upaya – upaya percepatan dalam pencapaian target SPM dan Indikatora program yang laian terutama bagi puskesmas yang belum mencapai target."pungkasnya 

(tim/ IWO-I Lamsel)