-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan


Iklan

Indeks Berita

Para Aktivis Serang Timur Menekan Kadis DPUPR Kabupaten Serang Agar Mundur dari Jabatannya

Rabu, 16 Agustus 2023 | 10.54 WIB Last Updated 2023-08-16T03:54:35Z


Serang, // Pada tanggal 1 Agustus 2023 Aliansi Pamungkas Banten mengirimkan surat permohonan Audiensi kepada Dinas PUPR Kabupaten Serang, namun diduga pihaknya tidak merespon surat audiensi yang dikirimkan. Akhirnya sekelompok para Aktivis, Ormas, Lembaga dan Media yang tergabung dalam Aliansi Pamungkas Banten melayangkan surat pemberitahuan Aksi Unras Damai ke Mapolresta Kota Serang sebagai bentuk kekecewaan para aktivis terkait adanya dugaan Korupsi Kolusi Nepotisme (KKN) bangunan beton yang ada di wilayah Kabupaten Serang,Rabu 16 Agustus 2023.


Babay Muhedi Aktivis Muda Serang Timur juga sebagai koordinator aksi pada 23 Mei menyebutkan, Proyek pekerjaan Rekontruksi jalan (Beton) tersebut sebetulnya sangat di tunggu-tunggu oleh kalangan warga dan masyarakat berterima kasih kepada pemerintah Kabupaten Serang yang sudah mengucurkan anggaran untuk pembangunan. Namun selama ini warga masyarakat dinilai belum sepenuhnya merasakan kenyamanan layaknya sebagai pengguna jalan. Karena sangat di sayangkan proses pembangunan pekerjaan Rekontruksi Jalan (Beton) tersebut diduga asal asalan dan tidak sesuai SOP, ucapnya.


"Padahal anggaran yang di kucurkan untuk pembangunan proyek tersebut sangatlah besar, sangat disayangkan dan harus benar-benar dipertanyakan karena baru saja beberapa hari selesai pekerjaan beton tersebut terdapat beberapa retakan melintang (patahan) dan terdapat panjangnya retakan membujur yang diduga mengurangi volume yang dinilai lemah dalam pengawasan," ungkapnya.


Menurut Babay, Tidak hanya itu saja kami menduga Spesifikasi bahan campuran beton tidak sesuai standar SOP yang dinilai pelaksanaan tersebut terburu-buru dan asal-asalan dan diduga pekerjaan proyek rekonstruksi jalan (beton) tersebut tidak memakai pengawas konsultan," paparnya.


Untuk kita ketahui bersama bahwa pembangunan proyek paket pekerjaan Rekontruksi jalan (beton) tersebut menggunakan anggaran dana APBD Kabupaten Serang Tahun Anggaran 2023.


1. Desa Tirem Kecamatan Lebak Wangi Kabupaten Serang Tahun Anggaran 2023 yang dilaksanakan oleh CV. Putra Sinar Mandiri Tanggal Pelaksanaan 26 Mei 2023

2. BCP 1 Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang Tahun Anggaran 2023 yang dilaksanakan oleh CV. MUTIARA SYAKI Tanggal Pelaksanaan 25 Mei sd 22 Agustus 2023.

3. BCP 2 Kecamatan Ciruas Kabupaten Serang Tahun Anggaran 2023 yang dilaksanakan oleh CV. SAKA BUANA Tanggal Pelaksanaan 25 Mei 2023

4. Rekontruksi Jalan Paket 7 Kecamatan Keragilan Tahun Anggaran 2023 yang dilaksanakan oleh CV. BUMI SAMPIRAN Pelaksanaan Tanggal 26 Mei 2023


Selain itu, Bachrudin Beka Ketua LSM Siliwangi Bersatu dan para Aktivis yang tergabung dalam Aliansi Pamungkas Banten. Dalam Aksi Unras Rasa Damai tanggal 23 Mei 2023 nanti, meminta pertanggung jawaban Kepala Dinas PUPR  Kabupaten Serang segera mundur dari jabatannya karena di anggap gagal dalam menjalankan tugas nya sebagai penanggung jawab pembangunan di wilayah Kabupaten Serang. Serta meminta agar penyedia  diberi sanksi daftar hitam karena diduga terbukti melanggar.


"Kami selaku lembaga kontrol sosial akan menekan kan juga kepada pihak Kejari Serang dan Kejati Banten untuk memproses baik PPK, ULP/Barjas dan Penyedia Jasa tentang adanya dugaan  KKN pada proyek persebut serta kami juga akan mendesak pihak Kejari dan Kejati untuk Membongkar dan Mengganti ulang proyek jalan di titik-titik tersebut," tutup Beka Aktivis Serang Timur.


Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 Ayat (11) dan Ayat (12) UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.(*/Red)