-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan


Iklan

Indeks Berita

Pelepasan Kepala Kerbau Dalam Giat Pesta Laut oleh Bupati Lampung Selatan

Minggu, 20 Agustus 2023 | 11.49 WIB Last Updated 2023-08-20T04:51:52Z


Lampung Selatan, // Masyarakat nelayan Kabupaten Lampung Selatan menggelar acara Pesta laut sekaligus silaturahmi rukun nelayan Kabupaten Lampung Selatan, sebagai wujud rasa syukur terhadap hasil tangkapan ikan yang melimpah, dan keselamatan para nelayan saat melaut.


Turut hadir dalam kegiatan, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto, Sekretaris Daerah Thamrin, S.Sos., M.M., Pejabat Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Camat beserta Uspika Ketapang, Ketua dan Pengurus HNSI Kabupaten Lampung Selatan.


Hasil pantuan tim IWO-I Lamsel, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto dalam sambutannya mengatakan,"Dengan kegiatan Pesta Laut diselenggarakan ini. Banyak hal baik dan positif yang dapat kita ambil hikmahnya dari kegiatan semacam ini. Setidaknya dengan berkumpulnya bapak ibu masyarakat nelayan di acara ini, tentunya akan semakin menguatkan jalinan silaturahmi dan menambah kerukunan nelayan di Kecamatan Ketapang, dan khususnya bagi warga nelayan Desa Ketapang." ujarnya.


H. Nanang Ermanto melanjutkan,"saya memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah menginisiasi atau menggagas perhelatan Pesta Laut ini, terutama kepada Pemerintahan Kecamatan Ketapang, Kepala Desa Ketapang dan jajarannya, serta Pengurus dan Anggota Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Lampung Selatan dan Kecamatan Ketapang." lanjutnya.



Bupati juga berharap, kegiatan ini akan menjadi tradisi lokal yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Nelayan disini. Jadikan juga ini sebagai perwujudan rasa syukur atas limpahan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT, terutama ini menjadi doa bagi kita, para nelayan agar dilindungi keselamatannya dan dilancarkan ketika melaut.


"Pesta Laut menjadi salah satu tradisi masyarakat nelayan sama halnya dengan tradisi Ruwat Laut. Kedua Tradisi ini harus kita jaga dan kita pertahankan keberadaannya. Kegiatan semacam ini, menjadi salah satu cara kita dalam  melestarikan budaya tradisi nenek moyang." tegas H. Nanang Ermanto


H. Nanang Ermanto juga mengajak masyarakat nelayan Desa Ketapang untuk dapat bersama-sama menjadikan momentum Pesta Laut ini sebagai sarana untuk melestarikan dan menjaga nilai budaya, sehingga selain dapat mengembangkan potensi pariwisata, juga mampu membangkitkan UMKM  yang ada di Kecamatan Ketapang. 


Kegiatan dilanjutkan dengan pelepasan kepala Kerbau yang dilepas langsung oleh Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto yang didampingi Sekdakab Thamrin, S.Sos., M.M. 

(tim IWO-I Lamsel)