-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan


Iklan

Indeks Berita

Puskesmas Kalianda Gelar Kegiatan Rembuk Stunting Di Desa Buah Berak

Selasa, 22 Agustus 2023 | 11.22 WIB Last Updated 2023-08-22T04:22:54Z


Lampung Selatan, //Dinas Kesehatan Lampung Selatan melalui Puskesmas Kalianda, Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan menggelar pertemuaan Kegiatan Rembuk Stunting di Aula Kantor Desa Buah Berak, Senin (21/08/2023).


Hasil Pantauan tim IWO-I Lamsel,  Kegiatan tersebut turut hadir, Camat Kalianda yang diwakilkan Sekcam Kalianda. Kepala Puskesmas Kalianda Ns. Meti Asmira M. Kep. menyampaikan, kegiatan rembuk stunting tersebut merupakan penggerakan percepatan penurunan Stunting, khususnya di wilayah Kecamatan Kalianda.


"Dengan adanya kegiatan Rembuk stunting, diharapkan bisa sama-sama memecahkan masalah yang terkait dengan kondisi stunting tersebut," ujarnya.


KUPT Kalianda juga menambahkan,"Rembug stunting ini adalah musyawarah antara kader kesehatan, masyarakat, tim kesehatan (puskesmas dan bidan desa), tokoh masyarakat, tokoh agama, dengan peran desa dan BPD untuk pencegahan dan penanganan kesehatan di desa khususnya stunting, kasus stunting nol utk ds buah berak tp ada 2 org dg kasus bumil kek dan 3 org dg risiko stunting (berat badan yg tdk naik2)."tambahnya.


Meti juga berharap melalui pertemuan rembuk stunting itu bisa menumbuhkan kesadaran bagi setiap petugas untuk terus berusaha dan berupaya mengurangi kasus stunting yang masih terjadi.


"Mari kita ajak masyarakat untuk lebih peduli dan memahami pentingnya peningkatan gizi anak," pungkas KUPT Kalianda.


Pada kesempatan yang sama melalui sambungan telpon, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten  Devi Arminanto,S.K.M.,M.M., menyampaikan, adanya Pertemuan Rembuk stunting ini diharapkan bisa memecahkan setiap masalah yang berhubungan dengan masalah stunting, khususnya di wilayah kerja Puskesmas.


"Saya menghimbau kepada seluruh Puskesmas untuk dapat meningkatkan kerjasama, koordinasi dan sinergitas antara lintas sektor bersama Puskesmas dalam melakukan percepatan penurunan stunting, sesuai dengan arahan Duta Swasembada gizi Hj. Winarni Nanang Ermanto," pungkas Kadinkes Lampung Selatan.


Perlu diketahui, hasil dari usulan rembuk stunting adalah : 

1. Pemberian PMT di posyandu setiap bulan

2. Pengaktifan toga di desa yg dpt dimanfaatkan utk PMT 

3. Pelengkapan alat2 di posyandu al timbangan

4. ATK dan FC register di posyandu

5. Isentif kader posyandu tiap bulan

6. Bantuan aparat desa utk pengetikan data bumil dan balita yg sdh didata oleh kader supaya ada data yg rapih. 

(tim/ IWO-I Lamsel)